03. Perkenalan

Masyarakat awam biasanya menamakan seseorang yang mengembangkan program atau aplikasi dengan nama programmer. Namun programmer sendiri sebenarnya dibagi menjadi beberapa bidang ilmu. Pada aplikasi berbasis web sederhana, programmer dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu bagian visual, logic, dan data.

Bagian visual atau biasa disebut front-end adalah programmer yang lebih fokus pada pengembangan tampilan dan interaksi dari sebuah aplikasi. Jika kita melihat website atau menggunakan aplikasi tentunya yang kita lihat adalah visualisasi dari sebuah program.

Bagian logic atau biasa suka disebut back-end adalah programmer yang lebih fokus kepada fungsi dan menghubungkan bagian visual dan pengolahan data dari aplikasi tersebut.

Bagian terakhir adalah data, atau kalau kita sering mendengar istilah database, nah programmer di bidang ini, mereka spesialis dalam menyimpan, mengatur dan membaca data untuk digunakan di bagian logic aplikasi.

Dalam aplikasi yang lebih besar skalanya, prgrammer akan memiliki tugas yang semakin spesifik, dan pembagian tugasnya dapat menjadi lebih banyak dari ketiga bagian diatas, karna masing-masing bagian dapat dibagi kembali menjadi bagian-bagian yang lebih detil. Saat ini jika kamu suka mendengar istilah UI (User Interface), UX (User Experience), Big Data, AI (Artificial Intelligence), dsb, itu adalah bagian-bagian dari pengembangan software yang lebih spesifik.

Dalam pembelajaran di web ini, kita akan belajar dasar dari pemrograman front-end, back-end dan database sehingga kamu dapat mengembangkan sebuah aplikasi secara lengkap. Namun, ilmu teknologi informasi terus berkembang setiap tahunnya dengan sangat cepat, jika kamu sudah mengerti dasar dalam pengembangan software, diharapkan kamu dapat mempelajari bidang lainnya dengan lebih mudah.

Bahasa pemrograman yang akan digunakan dalam pembelajaran ini adalah HTML, CSS & javascript untuk visual, PHP untuk logic dan pengolahan data, serta MySQL untuk database. Ketiga bahasa pemrograman ini adalah termasuk yang paling populer digunakan dalam pengembangan aplikasi berbasis web.

Alasan pemilihan bahasa pemrograman berbasis web karena pemrograman berbasis web, terutama javascript, dapat digunakan di hampir semua perangkat dari komputer, smartphone dan tablet. Selain itu, bahasa pemrograman tersebut termasuk yang paling mudah untuk dipelajari bagi pemula.

Di bagian selanjutnya kamu akan belajar mengenai dasar-dasar pemrograman dan istilah-istilah yang penting untuk diketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *